2011-03-26

Daun Lembayung sebagai Laktogogum

   
       Isapan bayi merupakan mekanoreseptor pada puting susu ibu yang merangsang hipotalamus untuk meningkatkan sekresi prolaktin releasing hormon, menurunkan prolaktin inhibiting hormon, merangsang pituitari posterior untuk memproduksi oksitosin. Oksitosin akan merangsang kontraksi sel-sel mioepitel di sekitar alveolus mamma dan menyebabkan pengeluaran ASI (ejection). Peningkatan prolaktin releasing hormon akan merangsang pituitari anterior untuk memproduksi prolaktin yang akan menyebabkan sekresi ASI. Isapan bayi pada puting susu akan menekan siklus menstruasi dengan cara menghambat sekresi luteinizing hormon (LH) dan folicle stimulating hormone (FSH) (Kaliappan, 2008).

       Perubahan hormon saat hamil menyebabkan kelenjar mamma dan penekanan aksis hipotalamus-pituitari-ovarium berkembang untuk laktasi dan amenore saat laktasi. Proses menghisap puting susu oleh bayi akan mengubah pola sekresi gonadotropin releasing hormon (FSH dan LH) dan meningkatkan sensitivitas hipotalamus terhadap efek negatif estradiol. Mekanisme ini akan menekan siklus ovarium saat laktasi sehingga terjadi amenore saat laktasi (Moechherdiyaniningsih, 1992). Saat kehamilan terjadi peningkatan hormon prolaktin, estradiol total, estradiol bebas, estron, estriol, progesteron dan laktogen plasenta, sedangkan dehidroepiandrosteron sulfat menurun kadarnya. Estrogen (estradiol), estrogen (estriol) mempersiapkan perkembangan kelenjar mamma untuk masa laktasi. Pada wanita yang lebih lama masa menyusui, terjadi peningkatan prolaktin dibandingkan dengan wanita yang lebih pendek masa menyusuinya. Estradiol menekan aksis hipotalamus-pituitari-ovarium. Rasio kadar prolaktin terhadap estradiol dapat memprediksikan lamanya terjadi masa amenore pada ibu menyusui (Mangathayaru, 2008).

        Daun katuk banyak dikonsumsi dalam bentuk sayur rebusan atau dilalap oleh ibu menyusui sebagai laktogogum atau pelancar ASI. Di Kabupaten Kebumen, khususnya di Desa Kedungwinangun, ibu menyusui banyak menggunakan daun lembayung atau daun kacang untuk memperlanvar ASI atau sebagai kompres payudara saat payudara bengkak Karen produksi ASI yang tidak seimbang dengan frekuensi menyusui. Daun lembayung, pada bagian daun dan akarnya mengandung saponin dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin.
       
      Berbagai substansi dalam laktagogum memiliki potensi dalam menstimulasi hormon oksitosin dan prolaktin seperti Alkaloid, polifenol, steroid, flavonoid dan substansi lainnya memerlukan kajian mendalam untuk menilai substansi apa yang paling efektif dalam meningkatkan dan memperlancar produksi ASI.

No comments:

Post a Comment